Kamis, 22 November 2012

macam-macam sepeda unik

 sepeda unik

Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya.
sepeda sudah ada sejak awal abad ke-18.
sepeda hampir tidak ditemukan didaerah jakarta,karena makin banyak orang menggunakan sepeda motor atau mobil.
macam-macam sepeda :

1. sepeda onthel 

Di Indonesia, perkembangan sepeda banyak dipengaruhi oleh kaum penjajah, terutama Belanda. Mereka memboyong sepeda produksi negerinya untuk dipakai berkeliling menikmati segarnya alam Indonesia. Kebiasaan itu menular pada kaum pribumi berdarah biru. Akhirnya, sepeda jadi alat transport yang bergengsi.
Pada masa berikutnya, saat peran sepeda makin terdesak oleh beragam teknologi yang disandang kendaraan bermesin (mobil dan motor), sebagian orang mulai tertarik untuk melestarikan sejarah lewat koleksi sepeda antik. Rata-rata, sepeda lawas mereka keluaran pabrikan Eropa. Angka tahunnya antara 1940 sampai 1950-an. Dan mereka sangat cermat dalam merawatnya.


sepeda ini hampir tidak ditemukan didaerah jakarta,karena makin banyak orang menggunakan sepeda motor atau mobil.


2. sepeda fixie


sepeda+fixie Sejarah Sepeda FixieSejarah Sepeda fixie atau fixed gear sebenarnya berasal dari Amerika Serikat.Dalam catatan Sejarah Sepeda fixie atau fixed gear digunakan oleh pengantar pos , Karena kondisi kota New York sangat padat.Akhirnya mereka memilih sepeda fixie sebagai alternatif dan hasilnya sangat memuaskan karena pengiriman yang lebih cepat.
Bagi sebagian orang, tampaknya sepeda fixie elegan karena harga sepeda yang cukup mahal. Selain itu, setiap bagian dari sepeda ini tidak murah, seperti frame, roda, biasanya barang yang diimpor dari luar negeri.  Sepeda fixie menggunakan sistem kecepatan fixed gear, yang membuat ayunan pedal rotasi terus berputar, sehingga untuk melakukan pengereman, pengemudi sepeda fixie harus mengurangi kekuatan dengan melawan arah putaran pedal, atau yang biasa disebut sistem “Trape Door.
Sejarah Sepeda fixie berkembang hingga saat ini banyak masyarakat menggunakan sepeda fixed gear di Indonesia. Mereka mengklaim untuk memilih sepeda Fixie ini karena selain untuk mengikuti tren, tapi juga karena sepeda ini benar-benar cocok untuk anak muda suka bergaul dan ingin selalu eksis.
Penggunaan sepeda fixie sekarang bukan hanya untuk pengantar pos, surat kabar, atau majalah seperti dari sejarah pertama fixie, atau untuk olahraga selama pagi liburan, tetapi juga umumnya digunakan untuk pergi ke sekolah, kampus, atau ke kantor, atau fungsi sosial seperti bergabung dengan komunitas fixie setempat.

3. sepeda lipat


Sepeda LipatSepeda lipat makin banyak digemari setelah gerakan bike to work dan green campaign marak dimana-mana. Popularitas sepeda lipat menyamai sepeda fixie meskipun harganya tergolong cukup mahal.  Sepeda lipat tak akan muncul jika sepeda tak diciptakan dimasa lampau.  Pakar sejarah mungkin tak akan pernah bisa mengidentifikasikan  kapan sepeda diciptakan dan ditemukan. Beberapa orang percaya, seniman Leonardo Da Vinci menciptakan sepeda berdasarkan sketsa yang ditemukan di Codex Atlanticus. Meski sketsa ini kemudian dinyatakan palsu, Da Vinci masih disebut-sebut sebagai pencipta sepeda.

Sebelumnya, terdapat beberapa ‘pra-sepeda’ (PS) yang diciptakan sebelum sepeda muncul. PS pertama mungkin adalah ‘celerifere’ yang dikembangkan oleh orang Prancis bernama Mede de Sivrac pada 1790. PS ini terdiri dari dua roda yang terhubung oleh besi yang dirancang seperti kuda atau singa.
Tak ada mekanisme menyetir atau pedal pada PS yang digunakan untuk menghibur orang kaya ini. Pada 1818, Baron Karl Von Drais dari Jerman menunjukkan ‘Draisienne’ di Paris namun PS ini masih tak memiliki pedal. Pada 1860, Ernest Michaux dan adiknya Piere menambahkan pedal pada roda depan dan disebut ‘Velocipede’.
Pada 1885 saat teknologi sepeda Inggris maju, ‘sepeda biasa’ pun muncul. Terdapat persaingan mengakui sepeda lipat dan semuanya mendokumentasikannya dengan sangat meyakinkan. Terdapat beberapa dokumen hak paten yang merujuk pada ‘tricycle’ dari 1880 dari perusahaan Bayliss Thomas di Inggris dan Pope Manufacturing Company di Amerika Serikat (AS).

Siapa Penemu Sepeda Lipat ?

Sepeda lipat dan penemu aslinya masih menjadi kontroversi, salah satu penemuan yang dipercaya dan telah didokumentasikan menjadi penemu sepeda lipat pertama adalah seorang Amerika bernama Michael B. Ryan, patennya diajukan pada tanggal 26 Desember 1893 di amerika, dan baru dikeluarkan pada 17 April 1894 dengan nomor paten 518.330. Salah satu kutipan dari paten yang dikeluarkan itu berbunyi “Prinsip dari penemuan saya ini adalah untuk memproduksi sepeda, dibuat sehingga dapat dengan mudah dilipat dan dengan demikian tidak menghabiskan tempat bila tidak digunakan atau bila diangkut atau disimpan.”

Gambar dari sepeda lipat atau folding bike yang dipatenkan Michael B. Ryan
sepeda folding Michael B. Ryan

Pria Inggris William Grout juga diyakini sebagai penemu sepeda lipat  di 1878 namun kemudian temuannya berupa roda depan lipat dan rangka yang bisa dibongkar membuatnya lebih dikenal sebagai sepeda ‘portabel’. Pada 1980, dua peristiwa signifikan sejarah seli terjadi. Pertama, Andrew Ritchie mulai memproduksi seli Brompton di 1981.
Kemudian di 1982, Dr David Hon mulai memproduksi sepeda lipat Dahon pertama. Kedua merek ini sangat terkenal hingga kini. Dahon sendiri menjadi pembuat sepeda lipat terbesar dunia dengan penguasaan pasar 60%. Sepeda lipat pertama Hon disebut ‘Da Bike’. Seiring waktu, popularitas sepeda lipat makin dikenal terutama di Eropa, Asia dan kota besar AS.

4. sepeda gunung

Headline

Salah satu contoh sepeda yang dimodifikasi khusus untuk kepentingan off-road ialah sepeda bagi ekspedisi Bufflalo Soldiers dari Missoula, Montana, menuju Yellowstone, Amerika Serikat pada Agustus 1896.
Selanjutnya, sepanjang 1990-an dan dekade pertama abad 21, bersepeda gunung sudah dianggap sebagai kegiatan paling ‘laris’. Ini terlihat dari masuknya sepeda jenis ini di toko sepeda. Pada pertengahan dekade pertama abad 21, department store Wal-Mart mulai menjual sepeda gunung murah dengan suspensi dan rem cakram.
Sepeda gunung berciri ringan, memiliki kerangka yang terbuat dari baja, alumunium dan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan alat peredam kejut/shock breake. Sementara untuk roda dibalut ban dengan kemampuan mencengkeram tanah dengan kuat.
Sepeda gunung memiliki 18-27 gear pindah yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedal. Sepeda gunung dengan 27 gear berarti memilikicrankset depan dengan 3 piringan dan cassette sprocket dengan 9 piringan.
Sepeda gunung memiliki beberapa jenis di antaranya Down Hill (DH) yang digunakan untuk perjalanan sangat ekstrim. Biasanya, sepeda ini memiliki suspensi ganda. Selanjutnya adalah Cross County (XC) yang memiliki suspense hanya di bagian depan.
Yang terakhir adalah All Mountain (AM) yang biasa dipakai untuk trek campuran antara XC dan DH. Biasanya, sepeda ini memiliki panjang suspensi belakang sekitar 6 inci dan suspensi depan setidaknya 140 milimeter sampai 160 milimeter.



video tentang sepeda
1.  sepeda onthe




2.  sepeda fixie




3. sepeda lipat 


 


4. sepeda gunung 







9 komentar: